23 Mei 2014

High and Dry, Part Alternatif Buat Pulsar 180 UG3

Berhubung Pulsar 180 UG3 semakin langka populasinya di jalanan, seiring dengan cabutnya bajaj dari bisnis pelayanan langsung ke pelanggan, berbagai part bajaj tipe ini semakin sulit di dapat. Berhubung saya masih pake ini motor, sepertinya saya harus menyimpan dokumentasi demi tunggangan saya.


Penjual part online semakin menjamur di internet dan jejaring sosial, namun harus menunggu beberapa hari menunggu barang kiriman. Postingan berikut bisa menjadi alternatif di kala darurat ketika part yang dinantikan masih belum tersedia.

Berikut ini part alternatif dan subtitusi untuk Pulsar UG3 180.

  1. Gear (opsi rantai 428 atau 520)
    Rante 428 (model satria 2 tak)
    Gear depan 15 mata subsitusi RXZ atau MX, Byyson dan Rx King (tambah lubang baut penahan satu lagi.
    Gear belakang 43 mata subsitusi Honda GL Series.
    Rantai 520 (model Tiger)
    Gear depan Ninja R
    Gear belakang Tiger.
    note: Jumlah mata disesuikan keperluan.
  2. Bearing Pelek belakang dan Nap Gear
    6202, 6302 dan 6005
  3. Ukuran as belakang
    15mm
  4. Bearing Pelek depan
    6301
  5. Ukuran As depan
    12mm
  6. Ukuran As tengah
    14mm, subsitusi bush arm pakai honda Tiger. Bisa juga pakai arm UG4 dengan penyesuaian di bushing belakang dan panjang rantai (Minim ubahan).
  7. Karet teromol
    - Kawasaki Ninja 150R, lebih awet.
    - Beli online bahan forklift
  8. Kampas kopling
    Kawasaki Ninja 150RR
    Yamaha Scorpio (cocok di posisi tengah saja. bagian paling belakang dan depan harus digerinda atau pakai yang lama)
  9. Per kampas kopling
    - Smash (warna kuning)
    - Satria F-150 racing
  10. Rante Keteng
    Honda GL 100 98 mata
  11. Acuu / aki
    9 Ampere, merk GS, Yuasa, atau Motobatt (type gel semi basah).
  12. Lampu
    - Depan utama 35w/35w kaki H4
    - Pilot lamp / lampu senja : 5w T10
  13. Spuyer
    Pilot Jet:Yamaha Scorpio/Satria 2 tak.
    Main jet: Tiger / Suzuki Satria FU.
  14. Busi
    Honda Kharisma atau Satria FU. Pilihan merek, NGK type CR8E atau Denso IU-27A.
  15. Piston
    Ukuran standar diamter 63mm dengan pen 17mm.
  16. Pen pelatuk rocker arm
    Smash/shogun dan Kawasaki Kaze
  17. Karet rumah kopling
    Supra
  18. Kabel kopling
    Honda GL Pro / CS1 atau Vespa (Beli nepelnya untuk nyangkutin ke penarik stut koplingnya)
  19. Kabel gas / Tali Gas
    GL 100, RX King
  20. Seal Persneling
    Suzuki Shogun / Smash
  21. Seal Gear
    subsitusi dengan seal shock depan Supra x / Force 1
  22. Seal Master Rem
    Yamaha Force 1.
  23. Seal shockbreker depan
    Honda Tiger atau GL Pro Neo Tech (diameter 31mm)
  24. Karet Vakum Karburator
    Thunder 125 (untuk lebih enak pakai yang Thunder 250)
  25. Tutup magnet pulsar
    Honda Grand/Supra
  26. Knalpot
    bisa tuker2an antar pulsar 180, 200 dan 220 (penyesuaian di pegangan knalpot belakang)
  27. Kick stater
    Satria FU atau Ninja 150
  28. Step depan
    Megapro
  29. Step belakang
    Suzuki Smash
  30. Komstir kemudi
    - Pelor pakai Honda Grand
    - Rumah bisa pake Pulsar 135
  31. Kampas rem depan
    Vario (papas sedikit dibagian C nya)
  32. Kampas rem belakang
    - RX King
    - Suzuki Thunder (pakai per bawaan pulsar)
  33. Switch rem depan
    Supra
Sumber postingan dari Grup Bajaj Pulsar UG3 di Facebook.

Dari beberapa part subtitusi di atas, saya sendiri baru mencoba Gear, kampas rem depan dan belakang, bearing (laker) belakang, komstir, serta kampas kopling Scorpio.

High and Dry merupakan judul lagu dari Radiohead, yang berarti kita benar-benar sendiri dan ditinggalkan. Karenanya kita merasa rapuh, halah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar