25 Juli 2013

Post-SOAD

Setelah sempat dinyatakan bubar 2006 lalu, akhirnya muncul juga berita kalo System of a Down (SOAD) bakal reunian lagi. Saat ini mereka lagi sibuk promoin tur reunian di beberapa negara.

Tapi, pas masa-masa bubaran dulu, masing-masing personel sempet bikin proyek sendiri-sendiri. Serj Tankian (vokalis) bikin solo album. Gitaris SOAD, Daron Malakian bikin project Scars on Broadway bareng drummer John Dolmayan. Basis Shavo Odadjian kolaborasi bareng pentolan Wu Tang Clan.


Sebenernya klo kita liat dari masing-masing projek personel SOAD, kita bisa liat siapa yang bener-bener jadi tulang punggung di band, walau ga bisa dipungkiri vokalis bisa jadi ciri utama sebuah band.

Serj Tankian emang punya suara khas sewaktu di SOAD, dan sempet diterapin di awal-awal proyek solo dia. Lagu-lagunya tetep rock metal, berasa denger SOAD lagi klo ga merhatiin detail.

Makin ke sini, kayaknya Serj lagi pengen muasin ego2nya dia. Lagu-lagu yang digarap jadi eksperimen, seperti garap genre jazz. Baru-baru ini (2013), dia bikin album orkestra.

Projeknya Daron Malakian juga masih berkutat sama rock, dan gitarnya bakal langsung ngingetin kita sama SOAD. Tapi berhubung yang nyanyi dia langsung, band ini seperti punya soul-nya sendiri. Cuma ya itu, gitarnya bakalan bikin kita kangen sama lagu2 lama SOAD.

John Dolmayan sendiri mungkin dari musik yang paling beda. Kolaborasi sama Wu Tang Clan bikin lagu yang dia garap jadi nge-rap, dan ga ada hub sama sekali sama SOAD.

Tapi mengingat dia yang garap beberapa video klip SOAD, mungkin kita bakal kangen video klip kayak Aerials yang didirektorin sama John.

Balik lagi ke persoalan, siapa yang jadi tulang punggung SOAD kalau begitu? Saya rasa masing-masing personel saling melengkapi. Jawaban bijak yang paling ngeles biar dibilang adil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar