10 Oktober 2009

Parodi Flash

Gonjang-ganjing arogansi t3lkom selaku pengusaha ISP 3G Fl4sh masih terus berkembang. Sebagian besar user kebakaran jenggot, sementara t3lkom sendiri berkilah bahwa penghitungan sunat quota fair usage disesuaikan dengan rata-rata penggunaan pelanggan mereka (dari 2GB menjadi 500MB). User pun jengah karena dirasa t3lkom melanggar kesepakatan secara tiba-tiba tanpa ada warning terlebih dahulu.

Saya kira kalau untuk telepon rumah dan ISP wired Sp33dy, boleh lah mereka bertindak arogan karena mereka memang memonopoli infrastruktur layanan tersebut. Sebelumnya, pihak Sp33dy balik menyalahkan pelanggan karena mereka banyak membuka content luar negeri ketimbang konten dalam negeri. Pelanggan gak bisa apa2, karena Sp33dy menggunakan jaringan telepon rumah yang hampir ada di seluruh Indonesia (ga ada pilihan, apes bener).

Sadar pertumbuhan pengguna internet meningkat pesat, T3lkom sepertinya melihat celah. Mengandalkan nama besar, mereka nekat membuka layanannya bagi para pelanggan baru. Konsekuensinya, quota user mesti diturunkan karena pertambahan pengguna bandwidth. Sepertinya penambahan pelanggan baru tidak disesuaikan dengan penambahan infrastruktur.

Tapi sekarang, penjual ISP bukan hanya T3lkom doang. Muncul pemain-pemain baru yang siap menggoyang perusahaan "gede" itu. Kuda hitam yg siap menyodok mungkin SMART (denger2 anak perusahaan Sinar Mas) dan MOBI dari Mobile Eight (MNC group yang menaungi Fren-RCTI-SINDO-TPI-IndoVision-etc) dengan teknologi CDMA-nya. Atau untuk yang berbasis 3G, proXL sepertinya siap merobek-robek keperkasaan T3lkom.

Waspadalah, rakyat juga lama-lama jengah disodori jargon "Cintailah Produk-produk dalam Negeri". Bukti kejengahan masyarakat bisa lihat dari ilustrasi Fl4sh berikut (copas dari forum Kaskus).


4 komentar:

  1. hmmm ... info yang menarik, mas uchan. selama ini saya sudah cukup puas pakai broadband unlimited dg harga langganan 175 rb per bulan.

    BalasHapus
  2. @ Sawali T
    Manteb pak, pake ISP apa namanya?

    @ Soulharmony
    Welcome, thx dah nyempetin mampir :D

    BalasHapus
  3. haha,,
    nice,,
    saya lebih suka yg gratisann aja neh,,
    hehe,,

    BalasHapus